Jumat, 30 Oktober 2009

FarmVille : Menjadi Petani di Dunia Maya

Bagi Anda yang sudah mempunyai akun fesbuk mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan sudah mencoba bermain FarmVille. Ya! FarmVille merupakan game online besutan Zynga yang dapat dimainkan via facebook. Karena fesbuk merupakan social networking site otomatis di FarmVille ini Anda tidak bermain sendirian, dalam artian Anda-pun bisa meng-add teman2 Anda sebagai neighbor. Anda pun bisa memberikan gift maupun bantuan kepada teman2 Anda.

FarmVille merupakan game yang menarik dan menjadi salah satu game yang cukup pesat perkembangannya di fesbuk. Bagi para gamers mungkin game ini tidak jauh berbeda dengan Harvest Moon. Di dalam game ini, kita berperan sebagai petani yang memiliki sebidang lahan. Lahan tersebut dapat digunakan untuk bertani(menanam tanaman), berkebun(menanam pohon) serta beternak(memelihara hewan). Tanaman, pohon maupun hewan tersebut akan menghasilkan uang dan experience yang nantinya dapat membuat kita naik ke level selanjutnya. Asyiknya lagi adalah apabila kita lupa memanen tanaman dalam waktu yang telah ditentukan maka tanaman2 tersebut akan layu sehingga kita tidak mendapat tambahan point.

Awalnya sih cuma iseng2 aja nyobain game ini karena sering melihat pemberitahuan reward dari FarmVille di wall temen. Akhirnya nyobain sendiri dan sekarang malah jadi ketagihan. Walaupun hanya game setidaknya kita bisa mengambil beberapa pelajaran yang dapat bermanfaat dalam hidup kita, di antaranya :

  1. Untuk mencapai suatu keberhasilan dibutuhkan suatu proses.
  2. Reward merupakan bonus atas proses yang kita lakukan.
  3. Ada bantuan orang lain dalam setiap keberhasilan yang kita raih.
  4. Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh perencanaan tetapi juga tindakan yang kita lakukan.

Demikian sekilas mengenai FarmVille, semoga bermanfaat dan selamat berproses menjadi petani yang sukses…

Tidak ada komentar: